• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Bulan Ramadhan Di SD Negeri Pertir 4 Ketapang

Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Bulan Ramadhan Di SD Negeri Pertir 4 Ketapang

Penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

Berdasarkan Kemendikbudristek No.56/M/2022, disebutkan bahwa penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila yaitu 1) holistic, 2) konstekstual, 3) berpusat pada peserta didik dan 4) eksploratif. Berdasarkan proses pengamatan/observasi yang dilakukan empat orang mahasiswa Institut Daarul Qur’an Program Sarjana Pendidikan antara lain : Virna Alfina Dewi, Aufa Sasabila, Tiara Ayu Rachmadi, dan Reza Alfarabi pada tugas pengenalan lapangan persekolahan I (PLP I), untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) dimaksudkan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui beberapa bentuk kegiatan di SD Negeri Petir 4 Ketapang sebagai berikut.

Berdasarkan hasil observasi mengenai karakter umum peserta didik SD Negeri Petir 4 Ketapang, peserta didik sudah menerapkan Kegiatan 5S ( Senyum, Sapa, Salam, sopan, santun) para siswa sangat ramah kepada guru maupun tamu yang dating ke sekolah mereka dengan kegiatan senyum, sapa dan salam. Juga terdapat beberapa siswa yang mau mengajak guru maupun mahasiswa PLP 1 untuk saling bercerita dan bertanya. peserta didik selalu dapat mengendalikan emosi, dapat mengenal agamanya dan berkeinginan dan berusaha menjadi orang yang peduli dan saling tolong-menolong kepada sesama. Sikap sosial yang baik berhasil ditananamkan untuk anak sekolah dasar tersesbut. Dan sikap yang tidak pernah dilakukan peserta didik adalah peserta didik tidak pernah mengalami keluhan terhadap masalah kesehatan, peserta didik tidak termasuk orang yang suka berkata kasar atau yang sikap kurang sopan dan peserta didik yakin lingkungan yang sekarang sudah cukup nyaman. Dan sesuai dengan visi misi dan tujuan sekolah SD Negeri Petir 4 Ketapang. Adapun untuk program pada bulan Ramadhan banyak kegiatan yang disiapkan di SD Negeri Petir 4 Ketapang, untuk menyambut bulan Ramadhan. Dari pondok Ramadhan, pesantren kilat hingga rangkaian kegiatan menarik lainnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya melatih para siswa memaksimalkan momentum Ramadhan penuh berkah ini. Selain itu, kegiatan Ramadhan disusun dengan tujuan agar para siswa tidak mudah jenuh selama beraktivitas di sekolah. Berikut ini berbagai kegiatan Ramadhan paling kreatif dan mengesankan bagi siswa

  1. Pondok Ramadhan (sanlat)

2. Lomba Dai

3. Lomba mewarnai Tema Ramadhan

4. Khataman Al Quran

5. Pembiasaan Sholat Duha

6. Hafalan Quran

179 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *